• Posted by : Ahmad Nabiel Sabtu, 06 Februari 2016


    Setelah ngebahas huruf Jer, sekarang kita pindah ke materi yang lebih ringan dulu nih. Sesuai judul, kali ini ane bakal ngebahas tentang Jamak Mudzakkar Salim. Nah lho, apaan tuh? emang jamak ada berapa macem sih? Langsung aja  dibaca!

           Dalam bahasa Arab mayoritas isim pasti punya bentuk tunggal (disebut mufrod), bentuk 2 buah (disebut mutsanna), dan bentuk banyak atau 3 dan selebihnya (disebut jamak). Ketiga bentuk itu dipake buat nentuin jumlah bendanya.
           Nah, bentuk jamak itu ada beberapa macem, yaitu : Jamak Taksir, Jamak Mu'annats Salim, dan Jamak Mudzakkar Salim. Nah kali ini kita bakal ngebahas yang Jamak Mudzakkar Salim.
           Jamak Mudzakkar Salim merupakan sebuah bentuk jamak (menyatakan jumlah yang banyak) yang umumnya dikhususkan untuk isim yang mudzakkar (laki-laki). 'Kan kalo di bahasa Arab ada isim yang mudzakkar sama muanntas, nah jamak mudzakkar salim khusus untuk yang mudzakkar. Terus disebut  Salim karena 'selamat' dari bentuk jamak taksir. Jamak taksir itu secara bahasa bentuk jamak yang 'pecah' karena pola jamaknya gak karuan, maksudnya, gak punya rumusan yang pasti untuk tiap isim. Terus, jamak mudzakkar salim hanya diperuntukkan untuk isim yang berakal. Maksudnya, isim tersebut hanya bisa dimiliki oleh mahluk yang berakal.
    Misalnya mu'minun, yang artinya orang yang beriman. Nah, orang beriman kan hanya bisa dimiliki sama manusia doang kan.
           Yah, meskipun pengertiannya panjang, tapi kaidahnya dikit kok.

    Jika ISIM BERI'ROB :

    1. Nashob atau juga Jer maka menggunakan ين
    2. Rafa' maka menggunakan ون
    Dan penggunaannya hanya tinggal ditambahkan diakhir isimnya aja.
    Dasarnya :


    Contoh :
    Contoh 2 :

    Nah, kurang lebih begitulah penggunaan I'rob untuk Jamak Mudzakkar Salim.

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Kumpulan Cerita Iseng Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan