• Posted by : Ahmad Nabiel Jumat, 19 Februari 2016


    Berhubung belakangan ini banyak Try Out, jadi ane ngepost-nya bakal agak jarang nih. Nah mumpung ada waktu kali ini ane mau bahas tentang IDHOFAH. Apa itu Idhofah? Nah simak postingan berikut biar tahu!

           Idhofah adalah gabungan 2 isim atau lebih. Nah gabungan gabungan dua isim ini gak sembarang gabung aja lho... Idhofah itu harus menyimpan maknanya  من,  فى, dan  ل. Maksudnya ketika digabung salah satu dari ketiga makna itu harus ada dalam gabungannya.
    Ini dasarnya :


           Selain itu ada 2 istilah dalam Idhofah, yaitu :

    1. مضاف

       Mudhof (مضاف). Nah syarat penulisan untuk mudhof adalah tidak boleh menggunakan AL, TANWIN, NUN. Alias kalo konteks aslinya ada salah satunya, maka cukup dihilangkan saja. Mudhof ini merupakan kata pusatnya atau yang menjadi pokok perhatian.

    2. مضاف اليه

       Mudhof Ilaih (مضاف اليه). Nah, sebagai pasangannya mudhof dia beri'rob JER. Udah, gitu aja sih ketentuannya. Gak kayak mudhof, dia bisa punya tanwin atau Al yang fungsinya menjadi ciri untuk susunan idhofah itu bersifat Ma'rifat atau Nakiroh. Nah, mudhof ilaih ini merupakan kata yang mengiringi mudhof, dn terletak setelah mudhof.


    Nah, biar lebih jelas lagi liat contoh berikut.
    Contoh diatas merupakan gabungan dari ALBAABU (Pintu) dan ALFASHLU (Kelas). Ketika digabung maka menjadi BAABULFASHLI (Pintu Kelas). Nah pada rangkaian Idhofah ini menyimpan makna ل yang artinya milik. Maksudnya Kao dijabarin, idhofah tersebut menyatakan  Pintu MILIK Kelas  yang kemudian menjadi  PINTU KELAS.

    Nah, sekian dulu dari ane. Kalo ada yang salah mohon dibenarkan.

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Kumpulan Cerita Iseng Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan