• Posted by : Ahmad Nabiel Jumat, 09 Agustus 2013


    Oke broo.. mumpung masih suasana lebaran, kali ini gue mau ngepost berbagai fakta dan keunikan seputar lebaran yang ada di Indonesia ini.
    Mulai dari mudik sampe THR. OK deh langsung aja, Cekidot!

    1. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin~

    Pasti kita nggak asing sama ucapan in. yak.. bener banget! ini biasanya diucapin ketika idul fitri dateng. Mulai dari orang-orang sampe iklan TV banyak yang menggunakan ucapan ini sebagai ucapan permintaan maaf.

    Tapi lo harus tau kalimat "minal aidin wal faizin" itu artinya bukan "mohon maaf lahir dan batin". Juga kalimat itu nggak ada dalam istilah bahasa arab. Jadi kalimat "minal aidin wal faizin" itu istilah yang dibuat di Indonesia sendiri dengan menggunakan konteks bahasa Arab. Jadi kalimat itu hanya berlaku di Indonesia doang broo.. dan juga sebenarnya kalimat itu kurang lengkap, Kalo lengkapnya gini "Ja'alallahu minal aidin wal faizin" yang aartinya "Semoga allah menjadikan (kita) dari orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang".

    Sedangkan kalo di Arab biasanya menggunakan kalimat "Taqobbalallahu minna wa minkum" yang artinya "Semoga allah menerima (amal ibadah) kami dan kalian". Kalimat itu juga sudah ada sejak zaman rosulullah SAW. atau juga dengan kalimat "Eid Mubarrok".

    Tapi kadang di Indonesia ada yang ngucapinnya lengkap banget nih contohnya "Taqobbalallahu minna wa minkum, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin". Gilee.. banyak banget kan? terserah mau pake yang mana tapi intinya tetep 1 yaitu, mendoakan..

    2. Lebaran = Mudik

    Nah, apalagi yang ini pasti nggak asing banget. Mudik udah jadi tradisi tahunan menjelang lebaran, hampir semua orang pergi mudik. makanya nggak aneh kalo misalnya mudik itu macet banget tiap tahunnya, karena banyak orang yang ingin bertemu keluarganya di kampung. Dengan dasar Silaturahmi, banyak orang yang bela-belain mudik dengan segala cara hingga tidak memperhatikan keselamatan.

    Sebenarnya arti mudik sendiri itu banyak penafsirannya, mulai dari kata bahasa arab hingga bahasa daerah. Tapi intinya cuma satu yaitu PULANG KAMPUNG. Asal usul mudik pun tidak diketahui awalnya, tapi sepertinya mudik memang sudah tradisi dari nenek moyang bahwa setiap anak yang merantau, harus pulang ke kampung saat lebaran untuk silaturahmi.

    3. Nggak ada Ketupat nggak Greget...!

    Nggak mungkin kalo nggak kenal ketupat. Makanan yang satu ini udah khas banget kalo lagi lebaran. dan sepertinya memang udah wajib ada. Jadi kalo lebaran nggak makan ketupat, kayak kurang apa gitu.

    Sebenarnya ketupat itu makanan khas Asia Tenggara, nggak hanya di Indonesia doang ketupat juga ada di Malaysia, Singapur dan beberapa negara lainnya. Asal mula ketupat diduga diperkenalkan oleh sunan Kalijaga. Ketupat juga diduga memiliki berbagai macam makna filosofis, seperti : mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia, dilihat dari rumitnya anyaman ketupat. Dan juga mencerminkan kesucian jiwa, dilihat dari isi ketuupat yang berwarna putih.

    4.THR

    Wahaha.... gak mungkin gak kenal sama yang satu ini. Si THR ini juga gak kalah hebat kepentingannya dari ketupat atau yang lain. Bahkan mungkin kepentingannya lebih dari ketupat. Ya iyalah, masa sih ada orang yang gak mau kalo dikasih duit?

    THR itu umumnya ada buat karyawan gitu. tapi dari mana sih asal THR itu? nih contohnya

    Misalkan gaji sebulan = 5 jt
    berarti per minggunya = 1,25 jt
    (sebulan 4 minggu, perminggunya berati 1,25jt)

    Dalam 1 tahun ada 52 minggu
    Gaji 1 tahun = gaji 52 minggu = 52 minggu x 1,25 jt = 65 jt
    Gaji 1 tahun = gaji 12 bulan   = 12 bulan x 5 jt = 60 jt
    Selisih = 5 jt

    Selisih inilah yang disebut THR atau gaji ke 13

    Nah, gimana? udah jelaskan? makanya jangan keburu ge-er dulu kalo dikasih THR gitu, emang itu udah jatah kita.

    Tapi lain soal noh sob kalo THR buat anak-anak. Kalo buat anak-anak itu hitungannya kayak angpao gitu...
    Tapi tetep aja nih, THR buat anak-anak itu ada rumusnya, liat nih :

    "Jumlah Umur berbanding terbalik dengan Jumlah THR yang didapat"

    Wakaka... yang ini cuma bercanda kok. Tapi kadang berlaku buat sebagian orang kayak gue.
    Ok deh sekin postingan dari gue..








    { 1 komentar... read them below or add one }

    1. Thanks infonya. Oiya ngomongin Lebaran, ada fakta menarik yang perlu temen-temen tahu. Biasanya, karena berbagai aktivitas yang dilakukan, pengeluaran akan menjadi bengkak setelah menjalani momen bahagia tersebut. Tapi tenang, selalu ada solusi di tiap permasalahan. Simak langsung di sini ya: Keuangan berantakan usai Lebaran? Ini cara mengatasinya!

      BalasHapus

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Kumpulan Cerita Iseng Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan